News
Kembali
missing
Bacaan Doa Tolak Bala Agar Terhindar dari Bencana dan Musibah

Setiap doa yang dipanjatkan seseorang sejatinya menjadi bentuk iman kita kepada Allah SWT. Doa menjadi senjata untuk tetap kuat dan berserah diri atas semua kejadian di dalam hidup, baik musibah, bencana, atau mendapat rezeki.
 
 
Doa memohon pelindungan hendaknya dipanjatkan untuk meminta penjagaan Yang Maha Kuasa dari berbagai musibah. Contohnya bencana banjir dan virus corona yang tengah melanda Indonesia.
 
Nah, berikut deretan doa dari para ulama yang dianjurkan untuk dibaca guna meminta perlindungan Allah SWT.
 

Doa Dijauhkan dari Musibah

Seperti diriwayatkan dalam Hadits Abu Daud dan juga Tirmidzi dari Ustman bin Affan radhiyallahu 'anhu, beliau pernah mendengar Rasulullah menganjurkan sebuah doa agar terhindar dari musibah, yaitu:
 
 
“Bismillahilladzi la yadhurru ma’asmihi syaiun fillardhi wala fissamai wahuwassami’ul ‘alim”
 
Artinya: "dengan menyebut nama Allah yang dengan sebab nama-Nya tidak ada sesuatu pun di bumi maupun di langit yang dapat membahayakan (mendatangkan mudharat), dan Dia Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui.”
 
 
Barangsiapa membacanya sebanyak tiga kali ketika pagi dan petang hari, maka tidak ada sesuatu pun yang membahayakan dirinya. (HR. Abu Dawud4/323, At-Tirmidzi 5/465, Ibnu Majah dan Ahmad. Lihat Shahih Ibnu Majah 2/332, Al-Allamah Ibnu Baaz berpendapat, isnad hadits tersebut hasan dalam Tuhfatul Akhyar hal. 39.)
 

Doa Tolak Bala

Doa tolak bala berikut biasa dipanjatkan ketika selesai shalat guna meminta perlindungan dari segala keburukan, kejahatan, serta bencana di dunia dan akhirat.
 
 
"Allahummaftah lana abwabal khair, wa abwabal barakah, wa abwaban ni'mah, wa abwabar rizqi, wa abwabal quwwah, wa abwabas shihhah, wa abwabas salamah, wa abwabal 'afiyah, wa abwabal jannah. Allahumma 'afina min kulli bala'id duniya wa 'adzabil akhirah, washrif 'anna bi haqqil Qur'anil 'azham wa nabiiyikal karam syarrad duniya wa 'adzabal akhirah. Ghafarallahu lana wa lahum bi rahmatika ya arhamar rahimin. Subhana rabbika rabbil 'izzati 'an ma yashifun, wa salamun 'alal mursalin, walhamdulillahi rabbil 'alamin."
 
Artinya: "ya Allah, bukalah bagi kami pintu kebaikan, pintu keberkahan, pintu kenikmatan, pintu rezeki, pintu kekuatan, pintu kesehatan, pintu keselamatan, pintu afiyah, dan pintu surga. Ya Allah, jauhkan kami dari semua ujian dunia dan siksa akhirat. Palingkan kami dari keburukan dunia dan siksa akhirat dengan hak Al Quran yang agung dan derajat nabi-Mu yang pemurah. Semoga Allah mengampuni kami dan mereka. Wahai, zat yang maha pengasih. Maha suci Tuhanmu, Tuhan keagungan, dari segala yang mereka sifatkan. Semoga salam tercurah kepada para rasul. Segala puji bagi Allah, Tuhan sekalian alam."
 
sumber : kumparan


Kategori : Artikel