News
Kembali
missing
MUSEUM AL QURAN BERNUANSA MODERN DI MADINAH

Ketika Anda pergi umrah secara otomatis anda akan berkunjung ke Madinah, di dalam kota Madinah Ada tempat yang sangat menarik untuk di kunjungi yaitu Museum Al Quran. Museum Al Quran ini berjarak 8,7 KM dari Masjid Nabawi yang dapat di jangakau dengan mudah, yaitu dengan Bus Hop On Hop Off atau Taksi. Museum Al-Qur’an menyimpan beragam pesona kitab suci umat Islam pada zaman dulu kala. Usia Al Quran yang dipamerkan sudah ratusan tahun. Bukan hanya itu, beberapa Al Quran merupakan hasil tulisan tangan dan menggunakan tinta emas. Bahkan ada Al Quran yang diklaim terbesar di dunia dengan berat ratusan kilogram. Maka dari itu saya akan memaparkan apa aja sih yang ada di Museum Al Qur’an Madinah, mari kita nikmati informasi penting ini.

Pertama, Sebelum masuk, Anda akan diminta untuk antre terlebih dahulu agar tidak berdesakan di dalam dengan rombongan lainnya.tiket masuk nya pun gratis, Dari depan pintu masuk akan terlihat tulisan The Holy Qur'an Exhibition yang artinya “Pameran Kitab Suci Al-Qur’an”. Saat masuk ke dalam, Anda akan dipandu oleh seorang pemandu yang bisa berbagai bahasa termasuk Indonesia. Ia bertugas untuk menjelaskan setiap ruangan yang dikunjungi ,di berbagai ruangan itu terdapat hal – hal seputar sejarah Al Quran dari zaman Nabi Muhammad SAW hingga sekarang.

Ruangan museum ini dibuat dengan penerangan yang redup dengan tujuan untuk memberikan kesan estetik terhadap tulisan – tulisan Al-Quran yang di pamerkan. Di sini kita bisa mengetahui asal muasal bagaimana Qur'an menjadi berbentuk sebuah kitab, bahkan di dalam museum baru-baru saja ada Qur'an yang di tenun dengan kain dan benang. selain itu di sini juga tersedia Qur'an cetakan Madinah yagn bisa kita wakafkan. Museum ini tidak terlihat kuno seperti museum pada umumnya tapi justru terlihat modern minimalis dengan dinding kayu yang estetik. Setiap dinding terpampang tulisan ayat Al Quran yang dibingkai rapi dan memiliki sejarah di balik penulisannya.

Museum ini tidaklah kuno , salah satu buktinya ialah adanya studio di mesum ini yang berfungsi untuk menjelaskan sejarah perkembangan Al-Qur'an dari turun nya wahyu sampai proses pembukuan pada era khalifah. Di era yang serba digital, Anda disuguhkan beberapa alat yang membantu untuk melihat sejarah atau membaca Al Quran. setelah semua hal menari yang sudah saya jelaskan mengenai museum modern inimasih ada satu hal yang menarik di museum ini , yakni Al Quran terbesar di dunia yang berada di Museum ini, Al Quran terbesar yang ditulis tangan dan berumur hampir 200 tahun, Al Quran ini juga memiliki berat yang fantastis mencapai 154 kg. 

 


Kategori : Artikel